http://pay4shares.com/?share=37145

Senin, 30 Desember 2013

Pemenuhan ASI Ketika Berpuasa


    Pemenuhan Kebutuhan ASI saat menjalankan ibadah puasa ramadhan memang perlu asupan makan yang cukup gizi saat sahur dan berbuka karena bila gizinya kurang tentu produksi ASI akan berkurang dan bayi tidak dapat merasakan manfaat asi lebih banyak lagi, bagaimana cara menjawab problem tersebut ?, simak tips berikut:

Asupan Menu Gizi Seimbang, Ibu menyusui membutuhkan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam ibu. Oleh sebab itu perlu bagi ibu menyusui mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, berbukan dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi beribang akan menhasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

Perbanyak Konsumsi Air, Sama seperti ibu hamil, ibu menyusui yang sedang menjalan puasa wajib memperbayak asupan cairan 2liter air sehari ini bisa dilakukan saat sahur, berbuka, dan menjelang tidur. Minumlah sari buah / juice dan sayur / rebusan air katuk untuk memperbanyak ASI anda. Minumlah air hangat /jangan air es saat membatalkan puasa Anda, hal ini mampu merangsang produksi ASI Anda

Beristirahat Yang Cukup, Merasa lemas saat menyusui itu wajar, beristirahatlah dengan duduk atau berbaring/ tidur siang. Ingat semakin Anda sering menyusui bayi Anda maka produksi ASI akan semakin meningkat. Tetap susuilah bayi Anda, dan ASI akan tetap keluar dengan lancar.

Sikap Tenang & Percaya Diri, Ibu hendaknya tetap tenang dan percaya diri dalam beribadah. Yakinlah kepada diri Anda sendiri bahwa Anda tetap bisa menyusui dan ASI Anda tidak berkurang sedikitpun walau Anda sedang berpuasa. Perasaan cemas dan kuatir akan berkurangnya ASI malah akan menghambat kerja hormon Oksitosin untuk memproduksi ASI, sehingga seolah-olah ASI akan berkurang tapi sebenarnya tidak. Ingatlah, menyusui juga beribadah jadi lakukanlah dengan iklas.

Konsumsi Madu, Kurma, Habbatussauda, Makanan di atas merupakan zat makanan yang penuh dengan energi, dengan meminum madu, kurma dan habbatussauda makan kualitas dan kuantitas ASI Anda akan tetap terjaga.

Ibu Yang Sibuk Kerja, Bagi Ibu bekerja tetaplah memerah ASI di tempat kerja, semakin Anda memerah ASI maka ASI akan semain banyak. Bila pekerjaan Anda sedang berat seperti tugas lapangan dsb. Akan lebih bijaksana bila Anda mempertimbangan untuk menunda puasa Anda dulu. Agama Islam pun ada keringanan untuk ibu menyusui.

Demikian tipsnya dalam memenuhi kebutuhan asi sang bayi manakala di sambi ibadah puasa wajib, semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar