http://pay4shares.com/?share=37145

Selasa, 31 Desember 2013

Patung Mandela di Inggris Pakai Batik

Patung Mandela di Inggris Pakai Batik


Sebuah patung Nelson Mandela didirikan di Inggris mengenakan batik. Patung yang terletak di Alun-alun Parlemen tersebut, diresmikan saat Mandela berkunjung ke London bersama istrinya, Gracha Machel, akhir Agustus 2007.

Dalam sambutannya, Perdana Menteri Inggris ketika itu, Gordon Brown, memuji Mandela sebagai pemimpin terbesar dan paling berani dalam generasi saat ini.

Gagasan membuat patung perunggu setinggi 2,7 meter tersebut muncul dari mantan aktivis anti-apartheid Donald Woods. Woods mengungsi ke Inggris bersama istri dan kelima anaknya karena diusir oleh sistem apartheid.

Mandela dengan rendah hati menyatakan meski patung tersebut adalah dirinya, namun itu merupakan simbol bagi semua pejuang anti-penindasan, khususnya di Afrika Selatan.

“Meski patung ini adalah seorang pria, ini adalah simbol dari semua orang yang melawan penindasan, khususnya di negeri saya,” katanya dalam peresmian.

Wendy Woods, istri almarhum Donald Woods mengatakan patung itu mengingatkan dunia pada kualitas kemanusiaan yang dimiliki Mandela.

“Kualitas seperti Mandela membantu Afrika Selatan mengatasi masa lalu, dan membantu langkah menuju masa depan, di mana semua orang bisa berkembang dan hidup bahagia,” katanya.

Patung Mandela berada di alun-alun, menghadap Gedung Parlemen, dan berdiri bersama tokoh-tokoh pemimpin besar dunia lainnya, seperti Winston Churchill, Benjamin Disraeli dan Abraham Lincoln.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar