http://pay4shares.com/?share=37145

Senin, 30 Desember 2013

Hal Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita


kesibukan dan gaya hidup serta pola makan yang salah sangat berpengaruh pada kesuburan, bicara soal kesuburan yang sering disorot adalah seorang wanita, ada beberapa hal yang mempengaruhi kesuburan wanita:

Siklus haid tiap bulan, Normalnya siklus haid terjadi setiap 21 – 35 hari. Tidak normalnya siklus haid adalah salah satu gejala gangguan kesuburan wanita. Lebih baik, segera periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya.
Usia, Faktor usia sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan. Semakin bertambahnya usia, maka kesuburan juga akan menurun. Usia masa kesuburan wanita adalah 20 – 30 tahun.
Riwayat keluarga, Apabila ibu anda mengalami menopause dini (di bawa usia 50 tahun), hal tersebut bisa menurun kepada anda. Menopause adalah berhentinya ovarium memproduksi ovum (sel telur). Jika di dalam rahim wanita tidak ada ovum yang dibuahi oleh sel sperma, keinginan untuk hamil harus dikubur dalam-dalam.
Darah haid sedikit, Darah haid yang terlalu sedikit merupakan kondisi yang tak wajar. Para dokter sering menyebutnya dengan sindrom ovarium polikistik. Akibatnya, kadar hormon androgen meningkat dan hormon testosterone serta estrogen menurun. Gejala lain dari sindrom ini adalah nafsu makan terhadap makanan manis meningkat, mudah lelah dan berat badan bertambah dengan cepat.

Merokok,

 Salah satu bahaya merokok adalah menyebabkan kemandulan. Karena rokok akan menganggu sistem peredaran darah di dalam tubuh. Sementara itu, untuk dapat bekerja dengan baik organ reproduksi membutuhkan aliran darah yang cukup lancar. Anjuran untuk berhenti merokok sudah lama digencarkan, sayangnya banyak orang yang tak peduli dengan seruan tersebut.

Obesitas

Kelebihan lemak di dalam tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Karena di dalam tubuh lemak diolah menjad hormon. Akibatnya, ovarium tidak bisa mengeluarkan sel telurnya dengan baik karen untuk mengeluarkannya dibutuhkan kadar hormon yang seimbang.
Diet ketat, Diet ketat dan membatasi asupan makanan akan mempengaruhi tingkat kesuburan. Karena mengkonsumsi makanan dan mencukup nutrisi dengan baik akan meningkatkan kesuburan wanita.

Nyeri haid

Nyeri haid atau pada saat menjelang haid merupakan salah satu gejala dari penyakit endometriosis, yakni kondisi di mana sel endometrium menempel di tempat yang tak seharusnya. Masalah ini akan mempengaruhi kesuburan wanita.

Keputihan,

 Apabila anda mengalami keputihan terutama keputihan yang menimbulkan bau dan berwarna segera datang ke dokter kandungan. Karena keputihan bepengaruh besar terhadap tingkat kesuburan wanita.

Demikian pembahasannyatentang hal hal yang mempengaruhi kesuburan wanita, semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar