http://pay4shares.com/?share=37145

Jumat, 10 Januari 2014

Justru bank asing aktif dukung sektor tambang Tanah Air



Justru bank asing aktif dukung sektor tambang Tanah AirAsosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (Apemindo) menyayangkan minimnya dukungan perbankan nasional dalam hal pengembangan sektor tambang dan mineral di Indonesia.

Wakil Ketua Apemindo Agus Suhartono mengungkapkan perbankan yang aktif mendukung sektor pertambangan dan mineral saat ini merupakan bank asing, yakni HSBC.

"HSBC yang menjadi lead sektor tambang, Bank Mandiri sampai sekarang masih anggota, belum yang utama," kata Agus di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (6/1).

Agus mengusulkan kepada pemerintah untuk mengeluarkan road map pasca diberlakukannya Undang-Undang Nomer 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan baru bara. Road map tersebut bercermin pada negara-negara penghasil mineral seperti Filipina dan Australia.

Agus menilai, kedua negara tersebut sangat hati-hati dalam menentukan kebijakan di sektor tambang, mineral dan batu bara.

"Kita harapkan pemerintah mengeluarkan road map, kebijakan mengenai penetralisir, misalnya Filipina, tetangga kita Australia itu juga, mereka sangat hati-hati dalam mengambil kebijakan," jelasnya.

Melihat Indonesia merupakan penghasil mineral terbesar ketiga di dunia, Agus menilai, pemerintah Indonesia seharusnya menerapkan kebijakan yang lebih baik dan lebih hati-hati ketimbang kedua negara tersebut.

"Kita pegang hasil mineral terbesar ketiga di dunia, kita punya nikel terbesar di dunia, kita harus mengendalikan, ini harus didukung dengan dengan tata niaga yang bagus," tutup Agus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar