http://pay4shares.com/?share=37145

Sabtu, 04 Agustus 2012


perawatan papan skateboard

skateboard adalah papan seluncur yang merupakan salah satu cabang olahraga ekstrim yang sudah mendunia dan mulai populer di Indonesia. Disini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam merawat papan skate anda. Kebetulan saya pemain skateboard juga, lebih tepatnya mantan. Saya sekarang tidak aktif main skate lgi semenjak engkel saya geser. Saya tidak bisa optimal lagi untuk meng ollie dan mempelajari trik baru. Karena saya bukan posser, saya membuat artikel ini sebagai salah satu bentuk dedikasi saya.
Perawatan papan skateboard ini dilakukan setelah bermain dengan kekasih anda (papan skateboard) :

  1. setelah bermain skateboard usahakan selalu mengamplas pinggiran dari papan dengan amplas kayu ukuran kecil saja, semisal ukuran 100. (jika saat bermain papan skate anda terbentur atau tergesek yang membuat pinggirannya terkelupas atau bolong)
  2. setelah itu anda bisa memberi lem cair pada setiap pinggiran yang telah anda amplas. hal ini dimaksudkan agar tiap pori yang sudah terbuka bisa tertutupi lagi, agar suatu saat nnti kalau terkena air atau tercebur papan'a mebgurangi daya resap airnya. saya sering menggunakan dan menyebut lemnya lem korea, lem ini sejenis dengan lem alteco/alteko.
  3. setelah selesai dari point 1 dan 2 biarkan lemnya mengering dengan sendirinya.
  4. untuk penyimpanan papan skate, jangan anda biarkan papan ini terkena paparan matahari langsung dan kehujanan. simpan di suhu kamar, kalo bisa jangan di kamar yang ber AC.
  5. jika papan anda pernah tercebur atau basah kuyup karena jalanan becek atau emang kecebur di kubangan air. pengalaman saya, hentakkan papan agar kandungan airnya berkurang kemudian dipanaskan dengan api. Biasanya saya dengan korek api gas yang biasa oarang jual dengan volume pengeluaran gasnya diperbesar. "JANGAN DI PANASKAN PADA SATU SISI SAJA" panaskan sejara menyeluruh, maksudnya apinya di goyang-goyangin ke kiri-kanan atau ke atas-bawah.
seingat ku sih itu aja hal-hal yang perlu diperhatikan. karena kondisi yang sudah ku sebutkan diatas itu adalah hal yang paling sering kita jumpai sebagai skateboarder. ada sih hal lainnya, tapi ini untuk jangka panjangnya. misal :
  1. cek bearing tiap wheels, apakah ada yang sudah pecah.
  2. cek wheels apa kah masih layak pakai
  3. cek griptab apakah masih bisa kita memakainya dan nyaman serta tidak beresiko pada kita sendiri
  4. cek bussing dan pivot apa sudah pecah atau robek dan masih nyaman untuk digunakan bagi kita
  5. cek trucks dan papan anda apa masih berumur panjang?
  6. jika semua tadi sudah menandakan minta diganti, mulailah dari sekarang anda menabung. karena kebanyak onderdil skate ini mahal.
sekian info yang bisa saya berikan, jika masih kurang jelas bisa dipertanyakan pada saya. dan itu pun saya usahakan bisa menjawabnya, jika tidak silahkan anda tanya lagi ama mbah google. hehehhe :D
SKATEBOARDING UNTIL DIE .... !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar