http://pay4shares.com/?share=37145

Selasa, 07 Agustus 2012


Belakangan ini penulis melihat RIM dan Blackberry menjadi alat vital yang digunakan orang untuk berhubungan, banyak sih, seperti BBM (Blackberry Messenger), dimana fasilitas ini seseorang bisa terhubung langsung dengan orang lain setiap hari selama perangkatnya masih dalam keadaan nyala.
Coba kita lihat seperti apa sih RIM dan Blackberry dan asal mulanya, ternyata mereka punya sejarah perusahaan yang sangat panjang dan unik untuk kita simak bersama. Bahkan Wikipedia saja sedikit sekali membicarakan latar belakang tentang sejarah perusahaan ini ke kita. Saya akan mencoba menuliskan secara umum sajalah latar belakang RIM dan Smartphone favorit kita melalui artikel di website ini. Sumbernya juga bisa dibaca di http://na.blackberry.com/eng/devices/archived/850950.jsp#tab_tab_overview. 

Tahun 1984


Pada tahun ini, RIM pertama kali didirikan oleh Mike Lazaridis, saat itu dia adalah presiden dan Wakil CEO perusahaan bersama-sama dengan Douglas Fregin, yang menjabat sebagai Wakil Presiden untuk Operasional. 

Tahun 1988


RIM menjadi pengembang kedua didunia karena mengembangkan produk dari Mobitex Wireless Network. Mobitex adalah suatu perusahaan pertama yang menggunakan jaringan Komunikasi Wireless. 

Tahun 1990


RIM dipasarkan bersama DigiSync Film KeyKode Reader. Oleh karena itu, RIM pernah memenangkan EMMY Award dan OSCAR karena DigiSync. 

Tahun 1991


RIM memperkenalkan MPC (Mobitex Protocol Converter) pertama. 

Tahun 1992


RIM mengenalkan solusi untuk Point-Of-Sale (POS) Mobitex Pertama, POS dibuat dengan menggunakan perangkat wireless. Perangkat ini umum digunakan sebagai alat transaksi digital Wireless untuk POS, kita katakan saja seperti Kasir berjalan. 

Tahun 1993


RIM mengenalkan RIMGate, gateway atau pintu gerbang pertama (gateway) untuk Mobitex X.25, Asumsi penulis menyimpulkan ini seperti Modem Wireless dari RIM yang pertama. RIM juga me-launching Ericsson Mobidem AT dan Intel Wireless Modem terdiri dari firmware modem RIM. 

Tahun 1994

RIM memperkenalkan terminal mobile POS Mobitex pertama (Mobile POS Terminal). 

Tahun 1995

RIM mengenalkan Freedom, bentuk kedua dari Modem Radio PCMCIA untuk Mobitex, 

Tahun 1996

RIM mengenalkan Inter@ctive Pager (RIM 900), perangkat pertama Radio Panggil (Pager) pengirim pesan dua arah pertama, dan sekaligus RIM 900 OEM modem radio. Sebenarnya RIM 900 itulah Blackberry yang kita ketahui sekarang. coba deh, anda baca di Wikipedia. 

Tahun 1997

RIM menjadi perusahaan dagang secara publik di Pasar Saham Toronto Stock Exchange (TSE: RIM). RIM juga memperkenalkan RIM 901M OEM modem Radio, RIM 801 OEM modem Radio dan RIM Wireless PC Card for Mobitex. 

Tahun 1998

RIM memperkenalkan perangkat RIM 950 Wireless Handheld. Nah, perangkat inilah yang memulai semuanya. Semua khalayak umum melihat dan bertanya, "APA ITU?", alatnya saja sudah mempunyai banyak nama bahkan labelnya sudah diganti beberapa kali. RIM di lisensi oleh Intellisync Synchronization Platform dari Puma Technologi melalui Perangkat Wireless Genggamnya. Sekarang kita bayangkan lagi, seperti yang pernah kita lihat di beberapa media, itulah kenapa PIM synching bakal digunakan di masa yang akan datang (sekarang istilan nih: pin BB, pasti tau kan). 

Tahun 1999

Akhirnya RIM terdaftar di Nasdaq. 

RIM memperkenalkan solusi E-Mail Wireless Blackberry, BlackBerry Enterprise Server (BES) Software untuk Microsoft Exchange dan RIM 850 Wireless Handheld yang diketahui juga sebagai RIM 802D OEM Radio Modem dan RIM 902M OEM radio Modem. Jadi kelihatannya nih, 950 aslinya di label ulang menjadi 850 karena ada perbedaan jaringan disekitarnya pada waktu yang sama saat BES diperkenalkan. Penulis tidak begitu yakin apa yang membedakannya, sejak alat tersebut kelihatan sama diatas kertas. RIM 850 dijalankan diatas DataTac Network yang jika dibandingkan dengan 950, bisa berjalan pada jaringan Mobitex. Masih bingung ya, Kita anggap Mobitex versus DataTax sama seperti halnya dengan persaingan antara GSM versus CDMA seperti yang kita lihat sekarang. 
Kita lanjut lagi, nama Blackberry lahir bersamaan dengan BES! hehehehe, disini perangkatnya sendiri aslinya saja tidak disebutkan dengan nama "BlackBerry". Server Enterprise inilah yang memberikan pertamakalinya nama "BlackBerry" dan juga perangkat-perangkat lainnya seperti RIM Wireless handhelds. Nah, coba kita tebak lalu bayangkan seluruh cerita mereka tentang aslinya asal nama "BlackBerry" yang muncul dengan ciri khasnya yaitu tombol kecil seperti seikat buah blackberry atau stroberry. 

Tahun 2000

 RIM melepas Handheld Wireless RIM 857/957 ke pasaran. (Ingat! perangkatnya belum dilabelin dengan nama "BlackBerry"). Waktu itu RIM 957 merupakan perangkat BlackBerry pertama yang menggunakan Java Development Environment sebagai aplikasinya. Lalu, semua aplikasi tersebut ditulis dengan Bahasa C seperti yang sudah saya lihat sebelumnya. 957 juga mempunya layar yang lebih besar, tapi layarnya monocrom, tapi coba kita perhatikan bagaimanapun RIM 957 masih saja bukan perangkat ponsel yang harusnya bisa digunakan untuk menelepon.
BlackBerry 5790 dirilis pada tahun itu, dalam hal ini saya belum bisa menemukan tahun rilisnya, kalau ada yang tahu silahkan beritahu saya. Dengan tampilan yang baik dan ukurannya yang besar mirip seperti 957, bisa juga berjalan pada jaringan Mobitex. Perangkat ini juga mempunyai chip flash memori 16 MB ketimbang 957 yang hanya 8 MB. Menurut saya sih, 5790 merupakan perangkat pertama dengan nama Blackberry (tapi saya pernah menemukan gambar perangkat yang lebih lama dengan logo Blackberry yang sama). 

Tahun 2001

Pada tahun 2001, RIM memperkenalkan dukungan terhadap Lotus Noted dan Domino di BlackBerry Enterprise Server. Dengan adanya BES terbaru yang dirilis bersamaan dengan sinkronisasi kalender Wireless. ketika RIM melepas J2ME (Java 2 Micro Edition) full rilis berbasis Sistem Operasi. Saingannya masih belum merilis pengembangan yang berbasis J2ME OS terbaru. 

Tahun 2002

 2002 adalah tahun yang terbaik bagi RIM. mereke merilis beberapa perangkat yang benar-benar mengguncang dunia teknologi informasi. Perangkat-perangkat dibawah ini yang menggunakan seluruh J2ME OS dan pengembangan lingkungannya. 
Pertama, RIM merilis BlackBerry baru 5810 dimana ini adalah BlackBerry pertama dengan radio GSM/GPRS!. Catatan: Inilah perangkat pertama dengan radio GSM/GPRS.
RIM merilis BlackBerry 6710 dan 6720, dimana ini adalah BlackBerry pertama dengan fungsi telefon terintegrasi. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan speaker dan microphone, tapi anda harus menggunakan perangkat headset berkabel (Bayangkan kalo kita menelepon pake handsfree berkabel). Kedua perangkat ini juga berjalan dengan GSM/GPRS. 


 


Ikuti Artikel ini pada jilid berikutnya  

1 komentar: